Ekstrakurikuler

Kegiatan

Ekstrakurikuler di MI Miftahul Huda Tayu

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan peserta didik di luar jam belajar sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar peserta didik dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang non akademik. 

Kegiatan ekstrakurikuler dapat berbentuk kegiatan seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan peserta didik.

Selain tujuan prestasi, kegiatan ekstrakurikuler juga dapat membantu guru dan orang tua untuk melihat sejauh mana kecenderungan anak pada kesukaan/hobi yang menjadi pilihannya. 

Dengan demikian, penelusuran tentang peminatan ini akan menjadi salah satu indikator penting dalam menentukan bakat dan minat yang dimiliki anak.

Pramuka

Pramuka sebagai salah satu ekstrakurikuler wajib di sekolah memegang peranan penting untuk mengembangkan kepribadian, keterampilan, serta rasa tanggung jawab yang dimiliki peserta didik.

Mewarnai

Mewarnai merupakan bentuk kegiatan mengasah kreativitas yang mana peserta didik dapat menuangkan imajinasinya ke dalam sebuah gambar atau lukisan.

MTQ

Peserta didik diharapkan dapat membaca Alquran dengan lancar, baik, dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu Tajwid.

Pencak Silat

Melalui ekstrakurikuler pencak silat, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan diri dalam hal seni, olahraga, dan bela diri.

Kaligrafi

Kaligrafi merupakan seni lukis mempercantik tulisan yang biasanya dijadikan sebagai hiasan. Melalui ekstrakurikuler kaligrafi diharapkan dapat meningkatkan kreativitas peserta didik di bidang seni.

Marching Band

Melalui ekstrakurikuler Marching Band diharapkan dapat meningkatkan kerja sama peserta didik dalam sebuah tim, mengembangkan potensi diri, serta mengasah keterampilannya dalam bermain alat musik.

Rebana

Rebana merupakan seni musik yang bernuansa Islami. Peserta didik diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan baru tentang syair-syair Islam.

Renang

Kegiatan renang dapat membantu pembentukan otot dan pertumbuhan tulang. Bagi peserta didik, berenang dapat melatih kemampuan sensorik dan motorik yang keduanya sangat penting untuk perkembangan tubuh.

Scroll to Top